Baca Juga
Loading...
Senin, 14 November 2016

Dampak Gosip Bagi Kemaslahatan Umum ?

11/14/2016
Nasib pemula.. selalu saja dihadapkan kebingungan dalam menulis artikel, dari pada pusing enggak jelas, mending nge gosip aja kali yak?

Tapi, katanya... Ngegosip itu enggak baik dan bisa-bisa menjerumuskan diri ke dalam dosa ?

Wah.. benar juga !
Kalau begitu aku ngambil jalan tengah aja, gimana kalau gosipin biangnya nge gosip?
Berhubung udah separuh jalan nge gosip, alias terlanjur basah yah sudah basah sekali.
Nah.. gimana tutorialnya?

Jadi.. ini semacam reaksi aja, terhadap manusia "setengah-setengah" yang paling suka dan teratur untuk nge gosip.
Apa saja dampak gosip bagi kemaslahatan Umum?banyak pengertian menurut para ahli, dalam sosiologi,parahnya dapat mengakibatkan pengucilan karena menjadi Aib.
Ilustrasi.
Sumber: https://www.pixabay.com/
Mau itu perkumpulan di dunia nyata atau dalam beranda timeline sosial media, penggosip tersebut dapat dipastikan sangat eksis.

Sebagai contoh, Instagram yang jelas-jelas dipergunakan untuk nampilin perihal bagus/indahnya gambar, masih juga bisa diplintir sebagai ranah nge-gosip.
Contoh caption: Lihat dech.. walaupun lembur masih saja rajin, enggak kayak orang sebelah, dikamar mulu, dapet duit banyak, pasti persugihan. wkwkwk.
Nah... contoh caption di atas, sudah dapat dipastikan si pembuat tersebut memborong 3 keburukan / dapat dikatakan dosa dalam sekejap, yaitu:

1. Pamer
2. Udah pasti ngegosip
3. Berprasangka buruk
4. Sombong
Loh... kok jadi empat?
Hajar saja, namanya juga kesel. Contoh tersebut hanya sebagian kecil, karena di luar sana masih banyak yang mengunjing satu sama lain.


Parahnya.. nama orang tua yang tak tahu menau pun sempet juga dibawa-bawa, hanya bertujuan menuntaskan hasrat menggunjing tersebut. Huft !!

Pada point ini, kita yang merasa tak tertarik atau enggak doyan ngegosip, ada baiknya sedikit berhati-hati dengan jenis spesies manusia yang aku sebutkan di atas.

Apalagi kalau penggosip tersebut sering membawa berita gosip teman kita sendiri, entah itu benar atau enggak? ya namanya gosip dapat berujung membuka aib seseorang.
Eh.. kamu tahu enggak? si Yanu beli sepatu merck *****a. Mahal banget loh, tapi katanya uang yang dipake untuk beli, didapat dari begal... katanya sih.... tapi bisa jadi juga, kan si Yanu udah jarang kongkow bareng kita tuh, terus sering bikin Status check-in kalau udah subuh-subuh.. ahh semoga saja enggak !
Tuh contoh penggosip yang selalu mengandalkan kata "Katanya", ditanya "Katanya" itu dari siapa, pasti jawabnya ngelantur, bilang dapat info dari si ini lah, si itulah , si unyillah.

Jika bertemu dengan spesies yang seperti ini, alangkah baiknya untuk segera di ingatkan, ya minimal ditendang juga boleh.

Karena apa?

Karena... jika ada seseorang yang membawa kabar tak baik dan belum terbukti benar informasinya kepada kita.

Percaya tidak percaya, kita juga bakalan jadi korban selanjutnya sebagai materi gosip kepada teman yang lain.


Dari kasus di atas, sepertinya lebih banyak di alami oleh kumpulan para wanita, yang biasa tiba-tiba baik didepan, lalu berbicara yang tidak-tidak jika sudah dibelakang. Namun tak semua wanita seperti itu, hanya sebagian besar oknum saja. Setuju?

Jadi... pesan dalam tulis ini, STOP !!! menggunjing / ngegosip orang, kerabat keluarga, atau Orang Tua, karena tak selamanya apa yang kita lihat atau dengar sesuai dengan anggapan kita pada saat itu, belajarlah mengintrospeksi diri, jangan hanya karena hal yang sepele kita menjadi terpecah belah,
Lebih baik blak-blakan tapi sehat dan tak membeberkan Aib seseorang !
Huft... You knowlah maksud dari tulisan ini, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekeliruan di mata kalian mengenai isi tulisan ini, karena kesempurnaan mutlak hanya milik Tuhan Yang Maha Kuasa, kita manusia hanyalah gudang dari kesalahan yang selalu berusaha terus-menerus menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Demikian Diary Sampahku kali ini, semoga apa yang ditulis ini dapat berkenan bagi kalian semua para pembaca.
Ingat... Buanglah sampah pada tempatnya, STOP Gosip !!!

Sampai jumpa di tulisan Sampahku berikutnya.
Bye

1 komentar:

  1. Gosip=menggunjing. Ini hal yang tidak baik. Lebih baik berbicara yang baik ataaupun diam. Perbanyak berkarya, tinggalkan gosip.

    BalasHapus

Ditunggu komentar cerdasnya. Dilarang Jualan !!

 
Toggle Footer